Minggu, 17 Mei 2009

Pembahasan Jawaban Soal UTS-IMK

1. Pertanyaan : Apa yang saudara ketahui tentang komunikasi antara manusia dan komputer, dan apa saja macam-macam Interaksi yang dapat berlangsung. Jelaskan!


Jawaban:
Merupakan suatu proses interaksi yang meliputi aspek sistem komputer dan faktor-faktor kecakapan manusia yang dihubungkan dengan suatu interface (antar muka), serta dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia dan komputer itu sendiri.

Gbr. Konsep Interaksi Manusia dengan Komputer

=> Perbandingan antara Kecakapan Manusia dan Komputer :


2. Pertanyaan : Ada lima faktor manusia yang terukur (measurable human factors) untuk dapat memahami rancangan suatu system atau aplikasi antar muka dengan baik dan benar, sebut dan jelaskan!

Jawaban:

=> Mempunyai pengetahuan umum tentang manusia sebagai user dan komputer sebagai pasangan komunikasinya.

=> Pengetahuan tentang ragam dialog yang akan dipakai untuk interaksi.=> Penggunaan prototype sebagai dasar dan spesifikasi normal.

=> Pengetahuan kenyamanan saat berinteraksi.

=> Teknik analisis dan evaluasi secara empiric saat berinteraksi dan melakukan implementasi dan uji coba.

3. Pertanyaan : Jelaskan bidang ilmu apa saja yang perlu dipahami agar tercipta suatu Interaksi yang baik antara manusia dan komputer!

Jawaban :

=> Teknik Elektronika = Ilmu yang berhubungan dengan Sistem perangkat keras.

=> Psikologi = Ilmu yang berhubungan dengan user sebagai pemakai harus ditinjau dari segi umur pemakai, tingkat emosional, dan persepsi, olahan kognitif serta keterampilam motoriknya.

=> Grafis = Ilmu yang digunakan pada penerapan gambar sebagai seribu makna yang memudahkan manusia berdialog dengan komputer melalui gambar.

=> Ergonomik = ilmu yang mempelajari tentang kenyamanan saat melakukan kerja apalagi jika sedang berdialog/ interaksi yang memakan waktu lama, mulai dari tools, lingkungan, posisi, pengaruh-pengaruhnya.

=> Antropologi = ilmu yang memegang peran tentang bagaimana berinteraksi dan kerja secara berkelompok baik dalam olah data atau pemakaian sistemnya.

=> Linguistik = tentang bahasa sebagai sarana interaksi.

=> Sosiologi = keaadaan sosial manusia sebagai pengguna atau komputer sebagai pengganti kerja dari manusia.

4. Pertanyaan :Unsur apa saja yang terkandung pada panca indera manusia yang sering digunakan untuk berinteraksi dengan komputer, jelaskan!

Jawaban:

a. Penglihatan (mata), digunakan untuk melihat dan mengenali suatu benda/objek, membedakan warna sebuah objek, kecerahan dan ketajaman suatu intesitas cahaya, membedakan sudut pandangan /medan penglihatan suatu objek, kepadatan suatu objek dan tekstur suatu objek.

b. Pendengaran (Telinga), untuk mendeteksi suara dalam kisaran frekuesi 20 Hertz sampai 20 KHertz, membedakan kebisingan.

c. Peraba/Sentuhan(Kulit), Untuk mendeksi suhu, tekanan atau kualitas udara.

Nama : Edi Kardi_Nim : 08111069