Rabu, 18 Maret 2009

Prinsip Kerja Sistem Komputer

Hai teman-teman sebelum masuk ke pokok bahasan utama, disini sebelumnya saya akan menceritakan terlebih dahulu tentang pengertian komputer, pengolahan informasi, dan pengolahan data elektronik.

Komputer adalah Merupakan suatu alat elektronik yang dapat menerima input data dan mengolahnya menjadi suatu informasi, dengan menggunakan suatu program yang tersimpan di memorinya, serta dapat menyimpan program dan hasil pengolahannya, dimana bekerja secara otomatis.

Pengolahan Informasi (Beda Data dengan Informasi )
Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Data dapat berupa angka, huruf ataupun simbol-simbol khusus.
Data mentah masih belum dapat banyak ’berbicara’, sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberi bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.

Pengolahan Data Elektronik
Dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :
Pengolahan Data (data processing) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berarti, berupa suatu informasi.
Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP) adalah manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

Siklus Pengolahan Data
Proses siklus pengolahan data disini, lebih menjelaskan mengenai prinsip kerja dari sistem komputer itu sendiri. Secara umum terdiri dari 3 tahapan dasar yaitu : Input, Processing, Output.

Gbr. 1 Siklus Pengolahan Data

Siklus pengolahan data tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi :

Gbr. 2 Siklus Pengolahan Data

=> Origination
adalah tahap yang berhubungan proses data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.
=> Input
adalah tahap proses memasukan data kedalam komputer melalui alat input.
=> Processing
adalah tahap proses pengolahan data yang sudah dimasukan yang dilakukan oleh alat pemroses, bisa merupakan proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan, ataupun mencari pada storage.
=> Output
adalah tahapan proses yang menghasilkan keluaran dari hasil pengolahan data ke alat output yaitu berupa informasi.
=> Distribution
adalah tahap proses dari pendistribusian output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
=> Storage
adalah tahap proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage). Yang mana hasil pengolahan yang disimpan pada storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya.


SISTEM KOMPUTER

Sistem adalah jaringan dari elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan tujuan pokoknya.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Dengan demikian dibutuhkan elemen-elemen yang mendukung sistem komputer tersebut, yaitu : Hardware, Software, Brainware.
Dimana ketiga elemen tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan

Jadi agar komputer dapat bekerja, harus ada 3 aspek dasar yaitu :
1. Hardware (Perangkat Keras), peralatan.
Komponen-komponen peralatan yang membentuk suatu sistem komputer, berhubungan dengan komponen komputer secara fisik. Terdiri dari unit input, unit process, unit output dan simpana luar (external storage)
2. Software (Perangkat Lunak), prosedur.
Serangkaian intruksi/program/prosedur berupa kumpulan data-data yang diberikan pada komputer untuk menghasilkan informasi/tujuan tertentu.
3. Brainware (Manusia), pelaksana.
Pengguna yang menjalankan hardware dan software, menulis intruksi perangkat lunak untuk digunakan mengaktifkan fungsi dari perangkat keras komputer.

By Edi Kardi_08111069

Sistem Kerja Komputer

Sedikit berbagi ilmu mengenai komputer, sebenarnya saya sudah sering menjelaskan kepada kelas VII bahwa Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang berarti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer. Diantaranya : Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input; memproses input tadi sesuai dengan programnya; menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangkan Fuori berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain. Gbr 1. Sistem Kerja KomputerKeterangan : Input device atau alat masukan adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer, Contoh : Keyboard, Mouse, Speaker, Scanner, Kamera Digital, Tocuh Pad, Microphone. Process device atau alat pemroses adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima oleh alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output. Contoh : CPU Output device atau alat keluaran adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses. Contoh : Monitor, Printer, Speaker.

By Eko Sukardi Nim 08111070

7 komentar:

  1. udah oke tapi aku gak bisa masuk gimana yach

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Sedikit berbagi ilmu mengenai komputer, sebenarnya saya sudah sering menjelaskan kepada kelas VII bahwa Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang berarti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer. Diantaranya :


    Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
    Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input; memproses input tadi sesuai dengan programnya; menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
    Sedangkan Fuori berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

    Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.

    Horee aku sudah berhasil masuk

    BalasHapus
  4. Input device atau alat masukan adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer, Contoh : Keyboard, Mouse, Speaker, Scanner, Kamera Digital, Tocuh Pad, Microphone.

    Process device atau alat pemroses adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima oleh alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output. Contoh : CPU

    Output device atau alat keluaran adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses. Contoh : Monitor, Printer, Speaker.

    Eko Sukardi NIM 0811170
    Jurusan Sistem Informasi

    BalasHapus
  5. 1. Pertanyaan : Apa yang saudara ketahui tentang komunikasi antara manusia dan komputer, dan apa saja macam-macam Interaksi yang dapat berlangsung. Jelaskan!
    Jawaban:

    Gbr. Konsep Interaksi Manusia dengan Komputer
    => Perbandingan antara Kecakapan Manusia dan Komputer :

    2. Pertanyaan : Ada lima faktor manusia yang terukur (measurable human factors) untuk dapat memahami rancangan suatu system atau aplikasi antar muka dengan baik dan benar, sebut dan jelaskan!
    Jawaban:
    => Mempunyai pengetahuan umum tentang manusia sebagai user dan komputer sebagai pasangan komunikasinya.
    => Pengetahuan tentang ragam dialog yang akan dipakai untuk interaksi.=> Penggunaan prototype sebagai dasar dan spesifikasi normal.
    => Pengetahuan kenyamanan saat berinteraksi.
    => Teknik analisis dan evaluasi secara empiric saat berinteraksi dan melakukan implementasi dan uji coba.
    3. Jelaskan bidang ilmu apa saja yang perlu dipahami agar tercipta suatu Interaksi yang baik antara manusia dan komputer!
    Jawaban :
    1 Teknik Elektronika = Ilmu yang berhubungan dengan Sistem perangkat keras.
    2 Psikologi = Ilmu yang berhubungan dengan user sebagai pemakai harus ditinjau dari segi umur pemakai, tingkat emosional, dan persepsi, olahan kognitif serta keterampilam motoriknya.
    3 Grafis = Ilmu yang digunakan pada penerapan gambar sebagai seribu makna yang memudahkan manusia berdialog dengan komputer melalui gambar.
    4 Ergonomik = ilmu yang mempelajari tentang kenyamanan saat melakukan kerja apalagi jika sedang berdialog/ interaksi yang memakan waktu lama, mulai dari tools, lingkungan, posisi, pengaruh-pengaruhnya.
    5 Antropologi = ilmu yang memegang peran tentang bagaimana berinteraksi dan kerja secara berkelompok baik dalam olah data atau pemakaian sistemnya.
    6 Linguistik = tentang bahasa sebagai sarana interaksi.
    7 Sosiologi = keaadaan sosial manusia sebagai pengguna atau komputer sebagai pengganti kerja dari manusia.
    4. Pertanyaan :Unsur apa saja yang terkandung pada panca indera manusia yang sering digunakan untuk berinteraksi dengan komputer, jelaskan!
    Jawaban:
    a. Penglihatan (mata), digunakan untuk melihat dan mengenali suatu benda/objek, membedakan warna sebuah objek, kecerahan dan ketajaman suatu intesitas cahaya, membedakan sudut pandangan /medan penglihatan suatu objek, kepadatan suatu objek dan tekstur suatu objek.
    b. Pendengaran (Telinga), untuk mendeteksi suara dalam kisaran frekuesi 20 Hertz sampai 20 KHertz, membedakan kebisingan.
    c. Peraba/Sentuhan(Kulit), Untuk mendeksi suhu, tekanan atau kualitas udara.
    a. Penglihatan (mata), digunakan untuk melihat dan mengenali suatu benda/objek, membedakan warna sebuah objek, kecerahan dan ketajaman suatu intesitas cahaya, membedakan sudut pandangan /medan penglihatan suatu objek, kepadatan suatu objek dan tekstur suatu objek.
    b. Pendengaran (Telinga), untuk mendeteksi suara dalam kisaran frekuesi 20 Hertz sampai 20 KHertz, membedakan kebisingan.
    c. Peraba/Sentuhan(Kulit), Untuk mendeksi suhu, tekanan atau kualitas udara.

    BalasHapus